May 26, 2019
  • 7:59 am Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Beli Kamera DSLR
  • 2:24 am Apa Itu Data Center? Pahami Arti dan Fungsinya Ini
  • 3:11 am 5 Tips Parenting agar Anak Tenang saat Perceraian Terjadi
  • 8:40 am 3 Trik Dekorasi Bergaya Minimalis agar Rumah Terlihat Luas
  • 3:16 am Rahasia untuk membantu pengantin terlihat sangat cantik
Tips Parenting agar Anak Tenang saat Perceraian Terjadi

Jika perceraian terjadi, bagaimana perasaan anak-anak yang masih kecil saat itu? Pasti sedih, merasa kehilangan, dan tidak tahu harus berbuat apa. Sebagai orang tua, Anda memiliki kewajiban untuk menerapkan tips parenting dengan cara memberikan penjelasan yang baik dan benar. Biar ia tenang dan tidak ragu-ragu dalam melangkah. Berikut cara-caranya.

  1. Hindari Ucapan yang Menjelekkan Pasangan

Anak-anak yang masih serba meniru itu sangat responsif terhadap apa pun yang terjadi padanya. Termasuk pada waktu Anda tengah bersamanya. Sebisa mungkin, hindari ucapan yang menjelek-jelekkan pasangan. Kasih tahu pasangan, bahwa masa depan si kecil harus dipertahankan. Jangan sampai pecah seperti hubungan yang berakhir perceraian.

Si kecil masih memiliki mimpi besar yang masih harus dikejar. Berilah pengertian sampai ia menganggap bahwa perceraian itu bukan hal yang mengkhawatirkan. Jangan pula beradu argumen di depan anak-anak. Soalnya bisa berdampak besar terhadap anak ketika tumbuh dewasa kelak.

  1. Berikan Penjelasan yang Mudah Dimengerti

Saat menjelaskan perceraian yang terjadi, pakailah bahasa anak-anak. Detail-detail yang sedih wajib Anda singkirkan. Sebagai gantinya, olah bahasa agar terasa lugas dan bernada positif di depan si kecil. Katakan saja, bahwa Anda baru bikin keputusan kalau mantan pasangan Anda mau pindah ke rumah Kakek.

Kalau dia tanya kenapa, Anda jawab begini, “Kamu sama Mama saja di sini, ya. Nanti kalau sudah libur sekolah, Papa pasti balik ke rumah. Nah, liburan berikutnya, kita yang ke tempat Papa.” Jawaban berikutnya harus bisa meyakinkan si kecil, bahwa perceraian yang terjadi bukanlah hal yang mengkhawatirkan.

  1. Ungkapkanlah Rasa Sayang lewat Kata-Kata

Kalau kebetulan si kecil melihat pertengkaran tentang perceraian Anda, segera terapkan tips parenting ini. Ajaklah mantan pasangan Anda untuk berkompromi terhadap kondisi mental si kecil. Bagaimana pun, ia perlu motivasi dan keyakinan, bahwa pertengkaran tersebut bukan berarti perpisahan selamanya. Katakan, bahwa perceraian itu bukan karena salahnya.

  1. Dalam Waktu Apa pun, Jelaskan Bareng Mantan Pasangan

Ketika Anda hanya sendirian saat menjelaskan, maka si kecil akan bertanya-tanya terus. Kenapa dan kenapa. Kalau setiap hal dijelaskan bersama-sama, si kecil pun tidak lagi kebingungan saat menerima informasi tersebut. Dua sumber informasi akan membuatnya lebih yakin daripada hanya satu sumber saja.

  1. Sampaikan Apa pun di Waktu yang Tepat

Pada waktu si kecil masih menangis atau trauma gara-gara melihat percekcokan yang tidak disengaja, jangan dulu banyak berkata-kata. Pelukan hangat dari Anda dan mantan pasangan jauh lebih baik dan melegakan hatinya. Barulah saat bangun tidur, menjelang tidur, atau di waktu-waktu tenang, ajaklah ia berbicara dari hati ke hati.

Rasanya tidak terlalu sulit untuk menerapkan tips parenting di atas. Satu hal yang perlu disingkirkan pada waktu berinteraksi pada anak saat perceraian terjadi adalah “ego”. Buang “ego” jauh-jauh. Jangan sampai bersikap acuh pada waktu si kecil masih sangat butuh perhatian penuh dari Anda.

admin

RELATED ARTICLES
shares